Fungsi Penjumlahan Dengan Kriteria pada Ms Excel

Posted by

Kali ini saya akan mulai membahas formula-formula Ms Excel mulai dari yang sederhana sampai tingkatan yang rumit. Semoga ulasan ini bisa membantu anda dalam belajar Ms Excel.
Untuk pertama kali kita akan mempelajari tentang Fungsi Matematika. Biasanya pertama kali Anda belajar menggunakan formula, fungsi matematika inilah yang harusnya Anda pelajari terlebih dahulu
Fungsi matematika adalah fungsi yang paling sering dipakai pada penggunaan formula di Excel. Terdapat beberapa fungsi di dalam kategori fungsi matematika seperti menjumlahkan total, menjumlahkan sebagian, membulatkan nilai, mencari kelipatan, mencari nilai genap atau ganjil, dan lain sebagainya.

FUNGSI SUM() DAN SUMIF()
Fungsi Sum() adalah fungsi untuk menjumlahkan sekelompok data numerik (value) sekaligus. Pada kesempatan kali ini akan dibahas dua fungsi sum yaitu fungsi SUM() dan SUMIF() yang perbedaannya bisa Anda lihat pada penjelasan lanjutan di bawah mi.

1. FUNGSI SUM()
Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan kelompok data numerik tanpa harus menggunakan operator tambah (+). Penggunaannya yang tidak menggunakan tanda plus maka fungsi ini sangat praktis untuk solusi penambahan total.
=SUM(sel1;sel2;sel3;sel4. .
Sel1;sel2;sel3;sel4... adalah  range atau blok sel-sel dan data yang akan dijumlahkan.

Sebagai contoh ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Buat tabel data seperti pada gambar di bawah ini.


2. Tuliskan rumus atau formula pada sel C7 =SUM(C2:C6).
3. Kemudian tekan Enter sehingga akan didapatkan penjumlahan dan data sel C2 sampai C6.

2. FUNGSI SUMIF()
Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan syarat atau kriteria tertentu. Hasil penjumlahan yang akan terjadi berdasarkan syarat yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Untuk Iebih jelasnya coba ikuti Iangkah-langkah berikut ini.
  1. Buat tabel seperti pada gambar di bawah ini.


  1. Di bawah tabel terdapat Jumlah Penjualan Tim 1 yang diisi dengan penjumlahan hanya pada tim 1 saja, untuk itu Ietakkan kursor pada sel D10.
  2.  Isikan rumus pada D10 =SUMIF(blok data dari C2 sampai D7; 1;blok data D2 sampi dengan D). Range 2:D7 adalah range data, 1 adalah kriterianya dan D2:D7 adalah range yang dihitung.
  3.  Lakukan hal yang sama dengan Jumlah Penjualan Tim 2.
  4.  Untuk membuktikan  rumus fungsi tersebut cobalah jumlahkan semua Penjualan  masing-masing Tim kemudian bandingkan.
 


Blog, Updated at: 04:55:00

0 komentar:

Post a Comment

Drama Korea Murah Rp. 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Cari Blog Ini

Powered By Blogger


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar
Iwan Yas. Powered by Blogger.