Sumber Inspirasi Paling Mudah Untuk Menulis Artikel

Posted by



Sebagai pengelola blog , apalagi sebagai pemula, kendala utama dalam menulis artikel adalah mencari inspirasi yang dapat menjadi bahan tulisan. Tatkala berada di depan komputer/laptop seringkali otak ini menjadi tumpul. Memang jika anda surfing di dunia maya akan banyak sekali tips-tips yang anda dapatkan. Berdasarkan hasil surfing saya sendiri ada beberapa tips menjadi sumber inspirasi menulis artikel.
  1. Mencari topik di forum sosial media seperti faceboob, Twitter, Plus Google dll
  2. Walkingblog, yaitu membuka situs-situs atau blog yang mungkin dapat menjadi sumber inspirasi
  3. Jika blog anda memiliki tema khusus, intiplah eberapa diskusi atau buku terpopuler di Amazon Kindle melalui situsnya , nanti darisana anda bisa menjadikan topik tulisan.
  4. Bisa juga peristiwa-peristiwa unik yang terjadi di sekitar kita menjadi salah satu sumber inspirasi tulisan
  5. Berita-berita yang sedang hits baik melalui sosial media ataupun blog dan situs berita.
  6. Tayangan televisi juga bisa menjadi sumber inspirasi tulisan, jika ada berit-berita populer atau tips-tips populer bisa menjadi tema tulisa, tentu saja anda harus memperkaya khasanah dari internet untuk menyempurnakan tulisan anda.
Itulah contoh beberapa hasil surfing saya mengenai berbagai tips dan cara yang dapat digunakan untuk menjadi inspirasi menulis artikel.
 
Masalah Sebagai Sumber Inspirasi  Menulis Artikel

Di luar semua hal diatas, yang sering menjadi inspirasi saya pribadi untuk menulis bahkan saya anggap paling mudah dan pasti unik adalah masalah.
 
Maksud saya, setiap saat pasti kita pernah memiliki masalah apakah berkaitan dengan pekerjaan, kegiatan, cara belajar, kehidupan dan lain-lain. Biasanya jika kita menghadapi masalah tentu berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dan mencari jalan keluarnya. Nah jika kita sudah memperoleh jalan keluar, maka satu artikel  sudah pasti bisa anda miliki.
 
Tulislah kembali solusi yang anda peroleh tersebut sebagai tulisan, logikanya, dari sekian jumlah pengguna internet pasti banyak yang mempunyai masalah seperti anda, dan pengalaman anda dalam menyelesaikan masalah tersebut bisa menjadi tulisan yang dicari oleh orang lain.
 
Secara pribadi saya banyak menulis artikel yang bersumber dari masalah , contohnya  tatkala komputer saya terkena salah satu virus saya berusaha mencari jawabannya, dan akhirnya menemukan solusi, jadilah suatu artikel. demikian juga ketika di rumah saya mengalami masalah ketika tv tuner saya tidak tampil di monitor, saya berusaha mencari jawaban di internet, setelah menemukan cara mengatasi yang paling tepat, jadilah satu artikel.
 
Demikianlah, ternyata masalah bisa menjadi berkah bagi anda yang suka menulis artikel, karena pada dasarnya sebagian besar orang memiliki masalah yang mirip, maka jadikanlah masalah tersebut sebagai sumber inpirasi tulisan anda.
 
Oke semoga tulisan saya ini juga bisa menjadi inspirasi anda


Blog, Updated at: 01:38:00

4 komentar:

  1. banyak memang sumber yang dapat kita jadikan sebagai topik postingan, yang penting tekhnik menulis kita, tetap kita asah dengan tetap menulis postingan

    ReplyDelete
  2. setuju kang +yadiarus , sebagai blogger memang diperlukan jam terbang , seperti anda yg sudah melanglang buana di dunia maya sejak 2009.

    ReplyDelete

Drama Korea Murah Rp. 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Cari Blog Ini

Powered By Blogger


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar
Iwan Yas. Powered by Blogger.